septiayu

Surganya Pantai di Malang Selatan

9 komentar

pantai di malang selatan



Pantai di Malang Selatang emang nggak ada habisnya buat dikunjungin sob. Keindahannya, bikin jatuh hati buat ke sana lagi dan lagi. Nah, salah satu pantai yang nyantol di hati, yakni pantai Karang Bolong di Malang Selatan. 

Pandemi ini akan berakhir, sob! InsyaAllah akan berakhir. Harus yakin dong, tapi pertayaannya, nanti kalau udah berakhir mau ngapain aja? Hampir setahun dikurung pandemi pastinya nggak asik ya, biasanya bisa melancong dengan santainya sekarang harus menahan diri dan ego untuk menetap sementara di hunian masing-masing. 

Well, untuk membantu kalian mengigau dan merencanakan perjalanan pasca pandemi, saya punya pengalaman jalan-jalan yang bisa dijadiin benchmark untuk rencana travelling pasca pandemi. Kali ini kita akan mantai (wisata di pantai).

Bagi warga sekitaran Jawa Timur, pasti tahu betul betapa indahnya pantai di Malang Selatan. Yap, Pulau Jawa secara umum memang dikaruniai anugerah memiliki pantai yang ciamik di bagian selatan. Meskipun, gak semua bisa dibuat renang ya, ombaknya yang besar membuat kecantikan itu hanya bisa dirasakan lewat mata dan kamera. Eh tapi, bisa juga untuk hiking di sekitaran bukit-bukit pantainya. 

Beberapa bulan menetap di Surabaya, Malang menjadi tempat terindah dan termurah untuk dikunjungi. Betapa tidak, panas dan sumpeknya Surabaya, terbayar dengan perjalanan 2,5 jam menuju kesejukan dataran tinggi Malang. Kalau mau ekstrim lagi bisa ke Gunung Bromo, ke sini butuh waktu kurang lebih 4,5 jam dari Surabaya, dengan kecepatan yang cukup tinggi. Nah, kalau ke Pantai di Malang Selatan bisa menghabiskan waktu 5-6 jam dengan kecepatan normal dan beberapa kali istirahat. Jauh ya? Sebenernya nggak sih, asalkan perjalanan ini ditemani sanak famili, teman terdekat atau teman hidup, yakin, perjalanan terasa seru dan nikmat!

Sebagai anak gunung yang doyan ke pantai, beberapa pantai di Jawa pernah saya kunjungi. Mulai dari pantai-pantai di Jogja, pantai di Wonogiri, pantai di Kebumen, pantai di Cilacap, pantai di Jakarta, pantai di Banten, dan yang paling terkenang ya pantai di Malang Selatan. Malang Selatan memang surganya pantai-pantai indah dengan perjalanan yang menakjubkan.

Simak deh, berikut ini beberapa alasan dan tips kenapa kalian harus mencoba liburan pantai di Malang Selatan.

5 Alasan Plus Tips Liburan Pantai di Malang Selatan 

1. Pemandangannya Keren Parah 


pantai karang bolong


Apa yang paling menarik dari pantai? Yup, pemandangannya! Menghabiskan sore di tepi pantai, ditemani debur ombak dan bisikan angin pantai tentu jadi momen yang paling ditunggu.

Meski perjalanan dari Surabaya cukup panjang, tapi semua itu akan terbayar dengan nikmatnya memandangi ciptaan Tuhan yang sangat menawan. Apalagi kalau kalian bisa merasakan sunset di Pantai Malang Selatan. Ajak pasangan sahmu, keluarga atau teman dekat, biar kalian merasakan suasana romantis dan menciptakan momen tak terlupakan Sob! 

2. Banyak Pilihan Pantai 


pesona pantai di malang selatan


Ibarat kata kalau anak Jabodetabek andalan pantainya adalah Pantai Ancol, maka di Pantai Malang Selatan, kalian akan memiliki banyak banget pantai untuk dikunjungi. Pantai di sana seperti warung yang berjejer di pinggir jalan. Kalian bisa pilih salah satu yang sepi pengunjungnya bahkan nggak ada sama sekali. Beda ya kalau kita mau ke Pantai Ancol atau Pantai Anyer (di Banten), menemukan pantai yang sepi tuh rasanya seperti mencari jarum di atas tumpukan jerami. 

Kita bisa mengunjungi Pantai Bajul Mati dan Pantai Batu Bengkung yang menawan dengan lokasi berdekatan, nah kalau mau yang sepi Pantai Karang Bolong jawabannya. Kalau ada waktu dan punya kesempatan camp di pantai berdua dengan pasangan dijamin bakalan romantis banget deh. 

3. Pantai Umum Rasa Pribadi 


sepinya pantai di malang


Buat kalian yang suka banget mendengar debur ombak. Bahkan dengan mendengarnya bisa menjadikan itu sebagai relaksasi diri, kalian harus banget mengunjungi Pantai Malang Selatan! You all can imagine, pantai yang banyak berjejer seperti warung di pinggir jalan itu sepi pengunjung sob! Mungkin kalian akan berkata, Ah palingan kau mengunjungi Pantai pas lagi week days ya? Gak juga! Beberapa kali berkunjung ke pantai di Malang Selatan justru sewaktu weekend sob, dan pengunjungnya gak seperti di Ancol ataupun Anyer. 

foto post wedd di pantai

Worthy banget untuk merasakan ketenangan dan suasana pantai yang panas-panas tapi bersiur anginnya. Kalian bisa bebas banget lari sana-sini tanpa harus mikirin ketabrak orang saat lagi lari. Bahkan kalau mau foto post-wedding kalian bisa bawa pasukan sekompi untuk nge-camp di sini. Kualitas dijamin! 

foto post wedding di pantai yang sepi


Pengalaman saya, sebulan setelah menikah, menyusuri Pantai di Malang Selatan ini. Pengunjung hanya kami, serasa lagi post-wedding dong. Kurang bawa pasukan tukang jepret saja, hanya memanfaatkan alam untuk foto berdua.


Ohya, karena suasananya sepi, yang harus jadi perhatian bagi kalian yang memiliki anak kecil yang ingin berenang, sebagaimana disebutkan tadi, ombaknya luar biasa besar dan sangat tidak disarankan untuk berenang. Terus ngapain dong kalau ke pantai gak bisa berenang? Kalau saya sih, tipe yang tak suka berenang di pantai. Menikmati debur ombak, sambil berjemur, sambil ngobrol santai, sambil menikmati kelepa muda yang dijual para pedagang pun sudah nikmat sob! 

4. Biaya Murah 


Kebayang gak berapa biaya yang harus kalian keluarkan untuk mengunjungi pantai sebagus Pantai Bajul Mati, Pantai Batu Bengkung dan Pantai Karang Bolong? Biaya masuknya berapa kira-kira? Saya sempat kaget ketika tahu pantai yang memiliki potensi yang bagus seperti ini hanya dikenakan tarif sebesar lima ribu (per motor). Yap, gak ada biaya apa-apa lagi untuk mendapatkan suasana mantai ala film holiwud. Semua bisa kalian dapatkan dengan harga yang sangat miring tanpa perlu merogoh kocek lebih dalam. 

Dari pengamatan pribadi sih, pantai-pantai ini memang belum resmi jadi objek wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat. Dua kali ke sana di tahun yang berbeda, 2015 dan 2018, pantai-pantai ini masih sepi pengunjungnya lantaran butuh waktu lebih untuk mencapainya. Lagi, karena pantai-pantai ini belum mendapatkan perhatian yang serius seperti di Ancol atau Anyer, maka nggak jarang kalian akan mendapati penjagaannya hanya oleh segelintir orang saja. 

Penting banget untuk tetap waspada, kalau mau romantis jalan hanya berdua dengan pasangan atau keluarga kecil, pastikan kalian tidak bawa perhiasan/uang cash berlebihan. Ingat kalian mau ke pantai yang masih natural bukan mau foto di mall. 

Ih jadi serem ya? Gak juga sih, meski kalian akan merasakan suasana yang jauh berbeda dengan Pantai Ancol atau Anyer, tapi rata-rata masyarakat di Indonesia memang tidak suka berlaku kejahatan kan? Beberapa kali kunjungan ke pantai di Malang Selatan aman-aman aja nggak ada yang sampai meminta jatah (pemalakan) atau sampai terjadi pencurian. Pokoknya tetap waspada dan jangan memancing dengan membawa hal yang tidak perlu. Gak perlu kan mau ke pantai sampai bawa sertifikat rumah dan brankas emas? Hehehe. 

liburan bersama keluarga di pantai malang


5. Tips Tipis-tipis Liburan di Pantai Malang Selatan 


Kalau kalian udah nggak sabar  mengunjungi pantai di Malang selatan, maka perlu banget untuk atur jadwalnya. Selain butuh waktu yang banyak kalau kalian dari sekitar Surabaya bahkan Jakarta, perjalanan ke sana masih belum memiliki sarana trasnportasi yang terpadu sebagaimana Ancol yang bisa dikunjungi dengan fasilitas umum. Jadi penggunaan transportasi pribadi amatlah harus. 

Tips selanjutnya, jika ingin bertahan beberapa hari untuk camp di sana, pastikan kalian membawa perlengkapan bertahan hidup yang cukup, makanan pasti lah ya, air minum itu juga gak kalah penting. Meskipun ada warung, bisa dibayangin dong, kalau mau camp berhari-hari dan beli di sana itu pasti akan mengeluarkan uang lebih banyak. Pastikan perlengkapan kalain mumpuni! 

Selanjutnya, jika membawa anak-anak kecil, pastikan mereka selalu dalam pantauan dan pengamatan. Pantai di Malang Selatan masih ‘ganas’ untuk diajak bermain oleh anak kecil. Kecuali kalau mainnya pasir pantai, recomended banget dong, pasirnya bersih banget! Bebas dari sampah, terakhir berkunjung ke pantai Karang Bolong di tahun 2018, tak ada sampah sedikitpun sob!

pantai yang bersih


Oya, bawa kaca mata hitam jika ingin bersantai di Pantai Malang Selatan, terik matahari akan membuat pandanganmu lebih nyaman jika menggunakan kaca mata hitam. Paling penting lagi sun block ya, ini wajib bin kudu banget buat kamu yang memperhatikan kulitmu, hehe. 

Selamat merencanakan perjalanan pasca pandemi. Semua kenikmatan di atas hanya bisa dirasakan kalau kalian benar-benar serius ingin mantai dengan suasan personal. Jangan ngaku anak pantai kalau belum jelajahi keindahan pantai di Malang Selatan!
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

9 komentar

  1. Wow, udah bersih, murah, sepi lagi. rasanya kayak pantai pribadi😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dijuala, beli deh ya mba.. Eh. Hehe

      Hapus
    2. Kalau dijuala, beli deh ya mba.. Eh. Hehe

      Hapus
  2. Kepingin punya pantai pribadi juga. Kayak orang² kaya yang punya pulau itu :)

    BalasHapus
  3. Nah pantai modelan kaya gini yang aku cari, sepi sejuk jadi bisa me time 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betoool, lebih suka yang tentram ya mba, daripada ramai

      Hapus
  4. Bener banget Malang Selatan pantainya ciamik. Belum pernah ke sini, tapi beberapa pantau di Malang Selatan sudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bun, seru banget mantai di malang selatan

      Hapus

Posting Komentar