septiayu

Apa itu Lentera Jiwa?

Lentera jiwa

Lentera jiwa, apa itu? Sob, pernahkah kamu mendengar atau membaca tentang lentera jiwa? Menurutmu, apa itu lentera jiwa? Kamu boleh tulis di kolom komentar ya.

Sebuah perjalanan menemukanku pada kata lentera jiwa. Sekitar tahun 2012-2015, saat masih menjadi mahasiswa, saat gemar mengikuti seminar dan training motivasi, bahkan menjadikannya sebagai pekerjaan. Ya, tahun-tahun itu, aku kuliah sambil bekerja di sebuah Lembaga Training dan Psikologi Terapan yang menyediakan layanan outdoor dan indoor training.

Suatu hari saat bekerja, bossku pernah berkata, “Septi, kamu kan mahasiswa Sastra Indonesia, menurutmu apa itu passion? Lebih tepatnya apa sih arti atau padanan kata passion dalam Bahasa Indonesia?” Saat itu aku hanya termenung sambil bergumam, “passion?”

Menurut dictionary.com, dan dictionary.cambridge.org passion bisa diartikan beberapa hal, di antaranya:
  1. Passion adalah perasaan atau emosi yang kuat.
  2. Passion diartikan sebagai rasa cinta atau benci.
  3. Passion bisa berarti sebuah keinginan atau perasaan yang kuat.
  4. Passion juga diartikan sebagai seseorang yang merasakan cinta, hasrat, kesukaan, antusias, atau keinginan yang kuat.
Secara garis besar passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang dilakukan secara antusias. Lantas, apa padanan katanya dalam Bahasa Indonesia?

Sekitar tahun 2015, seorang psikolog menunjukkan padaku sebuah lagu. “Septi, kamu pernah, dengar lagu lentera jiwa-nya Nugie? Coba deh kamu dengarkan ini.” Kata beliau sambil menyodorkan laptopnya yang memutar video music Lentera Jiwa. Ah, ya, akhirnya kutemukan.
Lentera jiwa, cahaya dari dalam jiwa (batin) manusia. Yang mampu menghidupkan semangat terhadap sesuatu, menerangi jalan hidup, penerang diri dalam menjalani kehidupan. Apakah bisa dikatakan sama antara passion dan lentera jiwa? Bagaimana menurutmu Sob?
Sebagian orang meyakini, hidup akan lebih indah, bahagia, dan sukses jika mengikuti passion. Akan tetapi, kebanyakan orang juga beranggapan, suksesnya kehidupan seseorang itu saat semua kebutuhan materi tercukupi. Ditandai dengan pendidikan yang tinggi, pekerjaan kantoran dengan gaji melimpah, rumah megah, mobil mewah, dan seterusnya, tak peduli apakah hidup yang ia jalani berasal dari lentera jiwanya atau tidak.

Lirik Lagu Lentera Jiwa-Nugie

Lentera jiwa, bisa menjadi padanan kata yang cocok untuk passion. Apa lagi jika kita menyimak lagu lentera jiwa ini.
Lentera Jiwa-Nugie
Lama sudah kumencari
Apa yang hendak kulakukan
Segala titik kujelajahi
Tiada satu pun kumengerti
Tersesatkah aku di samudra hidupmu

Kata-kata yang kubaca
Terkadang tak mudah kucerna
Bunga-bunga dan rerumputan
Bilakah kau tahu jawabnya
Inikah jalanku inikah takdirku

Kubiarkan kumengikuti suara dalam hati
Yang slalu membunyikan cinta
Kupercaya dan kuyakini murninya nurani
Menjadi penunjuk jalanku
Lentera jiwaku

Jadi, bagaimana menurutmu, Sob? Apa itu lentera jiwa? Samakah dengan passion?
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar