septiayu

Manfaat Media bagi Mahasiswa



Spesifikasi media hingga hari ini terbagi menjadi tiga yaitu, media cetak berupa koran, majalah, tabloid dll. Media Elektronik berupa Televisi, radio, dll. Serta media sosial atau media online. Sementara ini ada tiga spesifikasi media, bisa jadi suatu saat nanti akan ada penambahan media.  Media yang memiliki banyak penggemar terutama Mahasiswa adalah media sosial.

Media sosial adalah sebuah media online yang memungkinkan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan suatu karya. Dewasa ini jenis media sosial yang berkembang di masyarakat cukup banyak. Jenis-jenis media sosial yang berkembang saat ini antara lain Facebook, Twitter, Google+, Tumblr, YouTube, Blogger, dan lain lain. Media sosial mengusung kombinasi antara ruang lingkup elemen dunia maya, dalam produk-produk layanan online seperti blog, forum diskusi, chat rooms, email, website, dan juga kekuatan komunitas yang dibangun melalui jejaring sosial (Juju dalam Guntara, 2013).

Kini jejaring sosial bisa disebut sebagai media komunikasi terfavorit di kalangan mahasiswa. Istilah jejaring sosial atau social network didefinisikan sebagai sebuah layanan berbasis web yang memungkinkan tiap individu yang menggunakannya dapat melakukan hal-hal seperti mengkonstruksikan profil seseorang kepada publik dalam rangkaian sistem yang terikat, mengkoordinasikan berbagai informasi dengan orang-orang yang menjadi teman dalam koneksi, dan melihat daftar koneksi dari orang-orang yang menjadi koneksi. ( Boyd & Ellison 2007)

Sedangkan menurut Maji dalam Cindy dkk. 2013, di era internet saat ini, media jejaring sosial telah menciptakan ruang publik (public space) baru, bahkan lebih jauh dari itu, sebuah lingkungan publik (public sphere) baru bagi masyarakat. Termasuk didalamnya Mahasiswa, yang turut ambil bagian dalam kelompok masyarakat tersebut. Mahasiswa memiliki peranan besar dalam perkembangan media sosial saat ini. Setiap mahasiswa diperkirakan minimal mempunyai satu jenis akun media sosial bahkan banyak yang memiliki semua akun media sosial.
Dewasa ini media sosial menjadi suatu kebutuhan yang vital bagi kalangan mahasiswa. Namun, tanpa menutup mata Media sosial yang  bersifat bebas, tanpa aturan, dan tidak terkontrol, dapat menyebabkan  penyalahgunaan terutama oleh kalangan mahasiswa. Penyalahgunaan tersebut dapat berupa penggunaan media sosial yang merugikan diri sendiri maupun penggunaan media sosial yang merugikan orang lain. Salah satunya ialah untuk tindakan kriminal, seperti penipuan, penculikan, penganiayaan, penghinaan dll. Dengan pelaku dan sasaran mahasiswa.

Terlepas dari sisi negatif penggunaan media sosial di atas, media sosial berguna dalam proses belajar-mengajar. Sebagian besar himpunan atau perkumpulan mahasiswa telah memiliki akun atau grup Facebook dan Twitter. Akun-akun tersebut digunakan untuk berbagi informasi yang terkait dengan kuliah dan atau kegiatan organisasi atau pergerakan mahasiswa. Media sosial menjadi fasilitator untuk sarana pembelajaran mahasiswa, sarana bertukar pikiran antarmahasiswa, sarana berdiskusi antar mahasiswa, dan sebagai forum mahasiswa secara online. Penggunaan media sosial untuk hal yang positif dapat mengakrabkan hubungan antarpengguna serta berdampak positif pula dalam kehidupan nyata. 

Nilai positif lainnya dari media sosial adalah berbagai artikel atau makalah yang dibagikan melalui media sosial dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa. Mahasiswa yang menginginkan suatu hal dengan praktis dapat memanfaatkan media sosial tanpa harus pergi ke perpustakaan, membeli buku, memfotokopi buku, atau meminjam buku. Mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan melalui media sosial secara tepat. Ada pula dosen yang sudah menggunakan fasilitas media sosial sebagai sarana pembelajaran. Dosen membagikan materi perkuliahan melalui media sosial kepada mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengakses atau mendapatkan materi.

Hakikat media sosial yang awalnya berupa sarana pendukung, bergeser menjadi sasaran utama mahasiswa ketika mengakses internet. Seperti media lainnya media sosial pun meiliki nilai positif yang amat membantu komunikasi dan penunjang pembelajaran bagi mahasiswa, meskipun tidak dapat dipungkiri media sosial tidak dapat terlepas dari nilai negatif. Nilai positif ataupun negatif yang akan didapat tergantung dari penggunanya.

Penulis: Septi Ayu Azizah
Dimuat di: https://oaseindonesia.com/artikel/2035/manfaat-media-bagi-mahasiswa.html#.WjuStXm9vDc
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

Posting Komentar