septiayu

Tips Jitu Menaikkan Page View

Hai Sobat Ngeblog. Masih dalam euforia peringatan hari blogger nasional, maklum ya gais, akika baru kali pertama merayakannya, jadi heboh dikit boleh ya. Kali ini akika bakal ceritain seseruan perayaan hari blog nasional bareng GrowThing dan para coach kece di Marathon Coaching Growthing yang dilaksanakan tiga malam, yakni dari tanggal 26-28 Oktober 2020. Materi malam pertam yang juga sesi pertama dari Marathon Coaching Growthing ialah Tips Menaikkan Pageview di Blog yang disampaikan oleh Kak Rini.


Sobat ngeblog pasti mau banget dong traffic atau pageview blog kita tinggi, jadi? Cus simak beberapa ulasan materi yang telah disampaikan Kak Rini berikut ini. 




Kenapa Page View Kurang Eksis? 


Kita kenalan dulu apa itu page view, page view adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Semakin tinggi jumlah page view, semakin bagus pula kualitas blog dan konten yang ada di dalamnya. 

Pengunjung blog atau yang biasa disebut sebagai user atau visitor. Satu visitor bisa mendatangkan lebih dari satu page view jika visitor membuka lebih dari satu halaman di blog kita. Agar lebih bersahabat kita kenalan dulu deh beberapa istilah berikut ini: 

1. Page view adalah tatangan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung mengklik satu tautan tertentu (halaman yang dibuka. 

2. Unique Visitor ialah pengunjung yang mana kedatangannya ditentukan oleh IP Address, browser dan cookies yang tersimpan di setiap browser. 

3. Bounce rate ialah persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link 

Banyak blogger yang berprinsip, nulis ya nulis aja, tak peduli mau dibaca atau tidak oleh orang. Hahai, ini sih aku banget gais, tak ada yang salah dengan prinsip tersebut kalau memang tujuang ngeblog sekedar untuk curahan hati alias diary. Akan berarti kalau Soblog mau eksis di blog, alias mau menjadi tukang blog profesional. Ini baru salah satu permasalahan kenapa page view kurang eksis, permasalahan yang menjadikan page view kurang eksis lainnya adalah: 

  • Banyak blogger masih mengabaikan jumlah pageview atau traffic blog. 
  • Blogger tidak paham manfaat menaikan page view. 
  • Bingung bagaiman meningkatkan page view. 
  • Blogger fokus ke authority tapi lupa optimasi. 

Apa Pentingnya Menaikkan Page View Blog? 


Agency atau advertiser banyak memakai parameter page view sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama. 

1. Page view tinggi, mimpi pejuang adsense 


Menambah penghasilan dari aktivitas blogging? Bisa banget geng, selama page view kita tinggi. Advertiser jelas akan melirik blog dengan jumlah traffic yang tinggi. Mudah sekali mengantongi rupiah atau bahkan dolar selama ada yang tertarik memasang iklan di blog kita. 

2. Meningkatkan conversion rate 


Conversion rate adalah pengunjung blog yang melakukan tindakan menguntungkan dari total pengunjung blog. 

3. Page view tinggi menandakan blog dan konten berkualitas. 


Semakin baik kualitas blog, makin berpotensi mengundang para visitor untuk mengunjungi blog. 

4. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama 


Yups, perlu ditekankan lagi? Agency atau advertiser banyak memakai parameter page view sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama. 



7 Tips Jitu Menaikkan Page View


Sumber page view terbaik dari mana ya? Ada sembilan poin yang bisa kita praktikkan agar page view kita naik. Berikut ini 7 tips agar dapat menaikkan page view.

1. Riset Keyword 


Keyword menjadi salah satu hal penting dalam menaikan traffic, gimana caranya riset keyword? Kita bisa menemukan keyword dengan menggunakan intuisi atau feeling, menggunakan Google Keyword Planner, keywordtool.io + Google Keyword Planner, Keywordfinder.io, atau Neil Patel. 

2. Menulis Artikel SEO dan Human Friendly 


Artikel SEO? Ya artikel dengan kaidah SEO, ada 13 parameter sebuah artikel ber-SEO, dududu, mau nulis aja rumit ya? Kalau mau jadi blogger profesional harus musti kudu wajib dong menerapkan SEO pada semua karya yang akan publish. Hanya butuh pembiasaan untuk para blogger pemula. 

3. Link Building 


Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kamu. 

4. Membuat Artikel Trending atau Viral 


Bisa update di Google Trends loh buat cari tahu artikel yang sedang tranding. 

5. Blogwalking 


Selain bisa mendatangkan ide, blogwalking bisa menjadi ajang silaturahim loh. Silaturahim menambah rizki, bener banget! Silaturahim di dunia nyata maupun dunia maya dengan mengunjungi blog teman harus dipraktikan nih. 

6. Kulik Search Console 


Search Console digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari. 

7. Kulik Google Analytics 


Google Analytic adalah salah satu layanan dari Google untuk membantu kita mengetahui statistik pengunjung blog. Google Analytic bisa memberitahu kita informasi visitor berdasarkan informasi halaman pencari, iklan, dan juga email marketing. Dari sini, kita bisa mengembangkan artikel yang paling banyak traffic dengan membuat related article 

8. Optimasi Pagespeed 


Blog kamu loadingnya lama? Perlu jadi perhatian serius dong, sebab visitor butuh kecepatan, tidak akan mau mengunjungi website yang mengalami loading lama, jadi, kita perlu memperhatikan seberapa cepat blog kita dapat diakses oleh para pengunjung ya. 

9. Desain Blog Menarik dan Navigasi Jelas 


Pemilihan tamplate bisa menjadi salah satu unsur yang menarik dari sebuah blog. Kita bisa menyesuaikan dengan target visitor. Beberapa visitor menyukai tampilan blog yang sederhana, trandy, full colour, atau lainnya. Sesuaikan dengan target pengunjung blog ya! 



Oke gais, itu tadi materi yang disampaikan oleh Kak Rini pada sesi satu Marathon Coaching Growthing malam pertama. Semoga setelah menerapkan 7 tips jitu naikkan page view ini blog kita makin berkualitas dengan page view terus meningkat ya gengs. 






septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

Posting Komentar