septiayu

Template Blog Baru, Blogging Makin Seru!

blogging seru


Kapan ganti templete blog baru? Pertanyaan yang selau terngiang selama mengikuti kelas Blogspedia Coaching For Newbie Batch 1 bersama Coach Marita, dan kini saatnya telah tiba, yeay! Saatnya seseruan dengan materi baru, yakni mengganti tamplate baru. 

Setelah perenungan panjang, aktivitas blogging ternyata menyenangkan ya, apalagi kalau kita punya rasa penasaran yang tinggi, bakal betah banget blogging seharian, apa lagi kalau utak-atik template blog bisa lupa waktu!

Template blog menjadi bagian yang penting dalam dunia blogging sob, kurang tepatnya kita dalam memilih template blog bisa merugikan kita. Itulah sebabnya, perlu kita cek apakah template blog kita sudah cakep? Kalau belum, ya harus dipertimbangkan untuk beralih ke template baru.

Kenapa harus repot ganti template baru? Apakah template gratis bawaan blogger tidak cukup? Kalau kata Coach Marita, template bawaan blogspot kebanyakan belum SEO friendly. Pada akhirnya, SEO friendly menjadi kata kunci dalam memilih template. So, dalam memilih template blog, baik yang gratis maupun berbayar harus dilihat apakah sudah SEO frindly? Jangan terpukau dengan tampilannya yang unyu, keren, kece, menggemaskan. 

Selain SEO friendly, kita juga harus memastikan template blog baru yang akan diunduh memiliki load speed yang cakep. Jangan sampai pengunjung blog kita batal mampir karena butuh waktu, tenaga dan perjuangan dalam proses membuka blog kita, efek load speednya tak friendly. Duuh, kalau begini tulisan kece dan bermanfaat yang sudah teman-teman tulis bisa tak sampai ke tangan pembaca. 

Satu lagi pesan Coach Marita yang harus wajib kudu diperhatikan sebelum mengunduh template blog, pastikan memilih template yang memiliki dokumentasi lengkap, ini akan memudahkan kita pada saat instalasi ata pemasangan template. So, tiga hal pesan Coach Marita itu yang harus dipegang erat sebelum mengunduh template baru blog. 
3 Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh tamplate blog: 
  1. SEO Friendly 
  2. Load Speed Friendly
  3. Dokumentasi Lengkap 

 

Template Blog Gratis Vs Berbayar 

Banyak sekali web yang menyediakan template blog, baik yang gratis maupun berbayar. Mau gratis atau berbayar bebas pilih sob, yang penting memperhatikan tigal di atas tadi ya Sob! Kalau saya, selama ada template gratis dengan kualitas cakep dan memenuhi tiga hal di atas, sudah pasti cus tak perlu berpanjang kalam memilih template gratis. So, jangan khawatir sob, karena template gratis nan kece bertebaran di mana-mana. 

Berikut ini link yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan template, baik yang gratis maupun berbayar: 

1. Idntheme 

template idntheme

Idntheme menyediakan berbagai macam jenis template yang berbayar dan gratis. Kalian bisa seseruan memilih template favorit yang mencerminkan kamu banget, dan disesuaikan dengan niche blogmu. Pilihan tamplate di idntheme banyak sekali, bikin bingung deh mau pilih yang mana. Oh iya, idntheme juga menyediakan tamplate yang SEO friendly, cus kamu bisa langsung pilih template di www.idntheme.com.

2. Gooyaabi Templates 

template gooyaabitemplates

Galau! galau nggak sih sob milih template? Yang ini bagus, itu bagus, ini itu bagus semua. Biar makin galau coba kunjungi gooyaabitemplates.com dijamin deh makin bingung, penasaran memilih template. 

3. Blanter Theme

template blanter

Blanter theme menyediakn berbagai macam template berbayar, yang gratisan juga ada. Blantertheme juga menjeaskan deskrisi dari setiap template yang tersedia. So, detilnya langsung saja kunjungi www.blantertheme.com.

4. Fiksioner 

template fiksioner

Fiksioner ini favorit banget sob, fiksioner menjadi template andalan bagi blogger yang baru belajar bongkar pasang template. Kelebihan template fiksioner sudah tidak diragukan lagi sob. 
7 Kelebihan Template Fiksioner 
  1. SEO friendly 
  2. Mobile friendly 
  3. Load speed friendly, loading cepat 
  4. Tampian minimalis, namun modern dan elegan 
  5. Pengaturan fitur dan menu bisa diatur langsung dari layout (tata letak) 
  6. Related post otomatis tersebar secara merata. 
  7. Mudah pemasangan dan pengaturannya.
Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan si fiksioner ini sob, salah satunya GRATIS! Ceileh, harus kapital semua gituu, ya namanya gratisan dengan segudang kelebihan, mebuat blog serasa profesional padahal template gratisan tuh, menyenangkan, hehe. 

Meski fiksioner menyediakan versi premium yang berbayar, namun sejatinya template fiksioner gratis vs berbayar ini tidak ada bedanya! Nah lo, bikin makin tercengan kan? Begitulah faktanya, 99,9% tidak ada perbedaan antara template fiksioner yang gratis dengan yang berbayar. Yang menjadi pembeda antara vitur fiksioner gratiis dengan berbayar adalah, pada Fiksioner premium link credit di footer bisa dihapus, sedang versi gratis tidak bisa. Selebihnya semua vitur sama. Wadidaw, bahaya ini Fiksioner, template gratis dengan rasa premium. 

Nah buat kalian Sob yang mau mengunduh atau membeli template Fiksioner, baik yang gratis maupun berbayar, langsung saja klik ini www.igniel.com.

Menata Template Blog Baru

Gimana sob template Fiksioner sudah diunduh? Mudah bukan cara mengunduhnya? Jika sudah diunduh saatnya memasang template Fiksioner ke blog sob! Tak perlu pusing dan ribet, klik yang satu ini fiksioner.blogspot.com auto terhubung ke tutorial memasang template Fiksioner di blogmu. Setelah memasang lanjut menata template blog ya, ikuti saja tutorial dengan link yang masih sama di atas. 

Hanya perlu kesabaran dan ketelitian untuk memasang template sampai akhirnya template terpasang dengan sempurna, dan siap-siap tercengan dengan tampilan blog yang makin kece serasa blogger profesioanal. 

Kalau sebelumnya kalian menggunakan template bawaan blogger dengan tanpa utak-atik gadged, bisa banget kalian bandingkan hasilnya before-after tampilan blogmu sob! 

blog baru

Sabar, teliti dan berani mencoba, itu dia tiga kata kunci yang akan menjadi sahabatmu mana kala mengatur atau mengganti template. Meski agak ribet, namun hasilnya lebih memuaskan, kalau tak mau ribet bisa pilih template berbayar yang sekalian dipasangkan ke blog. 

Yups, saatnya kamu mencoba template baru ya Sob! Tahun baru, template baru biikin blogging makin seru! Selamat mencoba, sukses ya!
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

10 komentar

  1. Barakallah...makin cantik aja ya.
    Btw, kalau ada waktu lebih, bisa utak atik gambar related post biar nongol...đŸ¤—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, iya Bu Lil, masih banyak PRnya ini, terutama utak atik gambar. Jazakillah Bu Lil

      Hapus
  2. Makin cantiiik hejo hejo.. semoga semakin semangat ngeblognya yaa mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, duuh deg-degan ada komen coach, masih banyak PRnya, belum tuntas edit templatenya.

      Hapus
  3. Alhamdulillah makin kece blognya mbaa. Sebelum tau dan belajar tentang SEO aku juga pernah berfikir ingin ganti tema yang minimalis dan unyu☺, tapi dulu ga tau caranya jadi belum terealisasiđŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul mbak, alhamdulilah ya mbak sekarang sudah tahu, makin kece aja nih blognya mbak Nur. hihi

      Hapus
  4. Seger, hijau serasa makan sayur aja. Renyah.

    BalasHapus

Posting Komentar