septiayu

Belajar Blog di Blogspedia Coaching Batch 1: Seru!

belajar blog
Blogspedia Coaching Batch 1, kalian pasti sudah tak asing kan, tiga bulan ini tulisan Mozaik Kehidupan bertebaran tentang Blogspedia Coaching Batch 1. Sejak mengikuti kelas Blogspedia di bulan Oktober tahun kemarin, hari-hari saya terasa lebih seru, menantang sekaligus menyenangkan, duuh pokoknya nano-nano banget rasanya. 

Tahun 2021 ini sudah buat resolusi untuk blog kah Sob? Apa resolusimu? Kalau saya, setelah banyak belajar dari Blogspedia Coaching jadi tahu harus di bawa ke mana blog tersayang ini. Secara Sob, Mozaik Kehidupan usianya sudah cukup lama, sejak tahun 2012 sudah lahir. Sayangnya, pertumbuhannya amat lamban, jadilah di usianya yang memasuki tahun ke sembilan ia baru bertumbuh. 

Bertumbuhnya Mozaik Kehidupan tiada lepas dari tangan ajaib Coach kesayangan Coach Marita Ningtyas yang sudah membimbing saya untuk membesarkan Mozaik Kehidupan dengan cara yang tepat dan terbaik. Bagaimana dengan blogmu sob? Kalau masih suka bingung bimbang dengan dunia perbloggan, mungkin sudah saatnya kalian ikut kelas Blogspedia Coaching for Newbie. 

Salah satu kesyukuran tiada henti ialah ketika diri merantau dan tinggal di Semarang. Meski awalnya tak menginginkannya, namun akhirnya selalu mensyikuri, sebab dari sanalah pintu-pintu rizki terbuka. Berkat pertemuan dengan Mbak Norma owner DNA Writing Club Semarang, saya dikenalkan dengan penulis, coach, dan blogger terbaik di Semarang, salah satunya Coach Marita. 

Oktober 2019, Mbak Norma memberikan informasi kelas blog untuk pemula besutan coach Marita, tanpa berfikir panjang saya daftarkan diri dan blog ini. Degdegan pasti, karena kabarnya banyak yang mendaftar sedang kuota terbatas. Alhamdulillah, saya beserta 46 peserta lainnya berhasil mendapat kesempatan untuk belajar blogging langsung dengan ahlinya, coach Marita. 

Kenalan dengan Blogspedia Coaching Batch 1 

blogspedia blog
Blogspedia merupakan nama salah satu blog Coach Marita dengan content tentang all about blog. Blogspedia bukan sekedar blog saja karena kemudian dikembangkan oleh Coach Marita menjadi tempat tongkrongan blogger cupu yang ingin belajar dunia perblogan. Kalau kata Coach Marita, Blogspedia Coaching Batch 1 ini terselenggara sebagai bentuk syukuran karena Coach bisa lulus di kelas Growthing. Keren banget ya, dapat ilmu langsung disebarluaskan, tak disimpan sendiri. 

Kabar baiknya, kelas ini tidak berayar alias gratis, MaasyaAllah, jadi amal jariah buat Coach dan keluarga nih. Jujur, awalnya saya agak ragu sewaktu tahu kelasnya gratis, kenapa? Karena bersamaan dengan pendaftaran kelas Blogspedia saya juga mendaftar kelas menulis online yang juga gratis, tapi mohon maaf materi dan apa yang didapat kurang berkenan di hati (ya elah tong, namanya juga gratisan, mau dapat apa sih?). Berbeda dengan Blogspedia, alih-alih gratisan, tapi materi dan bimbingan yang saya dapat supeer, ini kalau berbayar bisa jutaan kali ya. Serius, beneran, asli, nggak bohong deh. 

Buat peserta yang ingin mengikuti kelas ini, cukup dengan memenuhi syarat-syarat pendaftaran. Ini dia syarat-syarat pendaftaran Blogspedia Coaching: 
  1. Blogger Newbie: Hanya untuk blogger yang masih unyu atau baru membuat blog, blog yang dimiliki belum TLD (top level domain: dot com, dot my dot id, dot net, dll). Hanya untuk pengguna blogspot. Belum tahu cara membuat blog, tapi mau tahu dan mau belajar. Tidak menerima yang coba-coba, atau ngaku-ngaku newbie. 
  2. Punya hobi menulis. 
  3. Siap begadang buat ngerjain tugas dan siap dieliminasi kalau nggak ngerjain tugas. 
  4. Kelas Gratis, tapi harus siap beli custom domain. 
  5. Punya semangat belajar yang tinggi. 
  6. Tendangan Marita, bagi peserta yang tidak disiplin akan terkena tendangan dikeluarkan dari grup. 
Syarat nomor enam itu benar-benar bikin deredeg tiap pekan Sob. Jadi, setiap kita usai mengirimkan tugas di Google Classroom, Coach akan menilai tugas kita bukan dengan sembarang nilai. Namun, kita juga akan mendapat komentar Coach, mana yang harus diperbaiki, apakah sudah sesuai atau belum, dan paling penting, harus tepat waktu! Telat satu detik saja bisa kena kartu kuning sebagai peringatan, kalau diulang terus kesalahannya bisa kena kartu merah dan tanpa ampun ditendang dari grup whatsaap. 

Awal ikut kelas saya dua kali dapat warning, gara-gara lupa belum turn-in (serahkan) tugas di Google Classroom, padahal link tugas sudah ada, hanya lupa klik saja. Alhamdulillah, bisa bertahan sampai akhir ini, menjadi pengalaman luar biasa untuk saya. Jadi ingin menerapkan kedisiplinan seperti ini pada pembelajaran jarak jauh murid-murid, eh gimana ya, apakah cocok? 

Materi Blogspedia Coaching Batch 1 

materi blogspedia

Sebagai bukti kalau kelas Blogspedia ini merupakan kelas yang kece badai dengan materi yang super ndaging kalian bisa lihat ini sob. Materi yang didapat selama tiga bulan mengikuti kelas:
  1. The Big Why dan Adab Blogger.
  2. Kenalan dengan Beragam Niche Blog dan Istilah-istilah Blogging.
  3. Membuat Blog di Blogspot. Membuat Blog atau Bagi yang sudah mempunyai blog: Edit Settingan Blog Sesuai Materi.
  4. Kenalan dengan Dashboard Blogspot dan Segala Fiturnya.
  5. Memahami Fitur Postingan di Blogspot, Tujuan: Punya kemampuan dasar untuk posting artikel (bisa masukin gambar, masukin link, label, dsb).
  6. Membuat dan Memunculkan Page About Me di Blogspot.
  7. Membuat dan Memunculkan Page Sitemap di Blogspot.
  8. Story Telling dan Basic Copy Writing.
  9. Belajar Teknis Menulis Artikel SEO Sederhana.
  10. Menulis Artikel Ulasan Produk.
  11. Menulis Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata.
  12. Menulis Artikel How To/ Tips.
  13. Menulis Artikel Kuliner.
  14. Menulis Artikel Ulasan Event.
  15. Membeli dan Memasang Custom Domain di Blognya.
  16. Permak Tampilan Blog Sederhana.
  17. Bikin Infografis dan Header Sederhana Pakai Canva.
  18. Permak Tampilan Blog Lanjutan, Goal: Bisa Ganti Template pakai Template Gratisan.
  19. Personal Branding for Blogger.
  20. Membuat Content Plan dan Peluang Job untuk Blogger.
  21. Tugas Akhir - 28 Des 2020, Essay dan ODOP selama 7 Hari.
  22. Selebrasi - 4 Januari 2021, Jumpa di Google Meet. Jika berhasil hingga ke titik ini, akan dapat 2 Materi Bonus yang masih dirahasiakan.
Bagaimana materinya? Warbiyasyah kan? Benar-benar seniat itu Coach Marita memberikan materi, tugas, dan menjelaskan segala printilannya di grup whatsaap. Sabar banget menjawab setiap pertanyaan muridnya. Detik ini, kami murid-murid Coach Marita sudah sampai di tugas akhir nomor 21. Doakan bisa sampai selebrasi ya Sob, biar lulus dan mengikuti jejak Coach Marita untuk terus bermanfaat lewat blog. 

Kenangan Terindah di Blogspedia 

marita ningtyas
Tiga bulan kebersamaan dengan Coach Marita yang keren dan teman-teman satu grup yang meski belum pernah berjumpa namun sudah semacam keluarga, membuat saya banyak belajar. Belum pisah aja rasanya bakal kangen dan menjadi kenangan terindah belajar blog di Blogspedia ini. 

Banyak hal yang mengena di hati saat mengikuti kelas ini, tiga hal ini yang tak akan saya lupakan. 

1. Niat Baik 

Kelas dimulai dengan membuat “The Big Way”, apa alasan terbesar terkuat untuk ngeblog? Alasan ini yang terus berulang kali harus kita ingat. Menjadi reminder saat diri malas menulis, kehilangan arah, mager, atau lainnya. Sebagai blogger kita dituntun untuk selalu memiliki niat baik yang tertuang di the big way blog kita. Jangan sampai kita menodai blog dengan hal-hal yang kurang terpuji, seperti mencatut karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. 

2. Belajar Membuat Perencanaan 


Menjadi seorang blogger, kita dituntut untuk mampu membuat perencanaan yang baik. Perencanaan merupakan separuh jalan dari keberhasilan, begitu Coach Marita berulang kali mengingatkan. Hal ini membuat saya terus berusaha untuk berbenah, bukan hanya blog saja, dalam hidup pun harus punya perencanaan yang matang. 

3. Menumbuhkan Jiwa Pembelajar 

Belajar kapan pun, di mana pun, dengan siapa pun. Blogspedia telah mengajarkan pada saya untuk senantiasa menumbuhkan jiwa pembelajar. Tak mudah puas dengan apa yang dicapai, namun tak lalai untuk bersyukur. Seluruh tempat di dunia ini adalah ruang belajar, pilihan ada pada di diri, apakah mau mengambil kesempatan atau justru mengabaikannya. 

Bergabung dengan blogspedia menghubungkan saya dengan komunitas-komunitas baru, teman-teman baru, hal-hal baru yang membuka mata, ya kehidupan ternyata seluas itu kalau kita mau cari tahu. Buktinya, baru berapa hari mengikuti kelas kami sudah dikenalkan dengan SEO blog, dipertemukan secara virtual dengan orang-orang hebat di kelas Growthing, dan masih banyak keseruan lainnya. 

Terima kasih banyak Coach Marita untuk segala ilmu, pendampingan, segala-galanya yang sudah Coach berikan. Ya ampun, sampai sini kok jadi sedih ya. Keren banget deh Coach Marita, semoga bisa terus membersamai para blogger pemula macam saya untuk terus belajar di Blogspedia Coaching Batch 1 dan batch berikutnya. Salam sayang Coach.
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

2 komentar

  1. Kemaren nemu ignya blogspedia, tapi masih ogah2an mulai ngeblog wahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru buka kelas baru nih Mbak, kuy ikutan :)

      Hapus

Posting Komentar