septiayu

Rayakan Hari Blogger Nasional di Era Pandemi

sejarah blogger indonesia


Hai Soblog-Sobat Ngeblog, tau nggak hari ini hari yang kau tunggu, bertambah satu tahun usiamu, eh usia siapa? Usianya si Blog tempat tongkrongan kita yang paling asik ini! Uwo, selamat Blog! Jujur, Akika baru tahu kalau tiap tanggal 27 Oktober jadi hari yang penting buat kebangkitan Blog di Indonesia, yakni hari blogger nasional. Woooo. 

Hari Blogger Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Menkominfo Muhammad Nuh pertama kali mencanangkan hari Blogger nasional pada pembukaan Pesta Blogger tahun 2007. Wow, berarti tahun 2020 ini Blogger Indonesia sedang merayakan hari jadi yang ke-13. Meski 27 Oktober 2007 baru diperingati sebagai hari blogger nasional, bukan berarti blogger baru ada tahun 2007 ya, bisa kita simak sejarah blogger berikut ini. 

Sejarah Blog 

Umumnya, blog merupakan singkatan dari web log, yaitu aplikasi web yang berupa tulisan, dimuat sebagai postingan pada sebuah halaman web umum. Mulanya, Pyra Lab sebagai pemilik blogger memperkenalkan blogger.com, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Dikutip dari The Guardian, Google, the world's most-used internet search engine, yesterday announced the acquisition of Blogger, a web service which has fuelled the rapid rise of the web journals popularly known as weblogs. 

Pyra Labs, the company behind Blogger, was sold to Google for an undisclosed sum on Saturday after four months of negotiations. 

The sale is a dramatic turnaround for San Francisco-based Blogger, which rode the high and subsequent low of the dotcom boom. The company was founded in 1999, and Mr Williams had to lay off the company's entire staff in late 2000. 

Google, mesin pencarian internet yang paling banyak digunakan di dunia, kemarin mengumumkan pengakuisisian blogger, layanan web yang telah mendorong peningkatan jurnal web atau yang lebih dikenal sebagai weblog. 

Pyra Labs, perusahaan dibalik blogger, dijual kepada google dengan harga yang tidak diungkapkan pada hari Sabtu setelah empat bulan negosiasi. 

Penjualan tersebut merupakan perubahan haluan yang dramatis bagi Blogger yang berbasis di San Francisco, yang mengalami kenaikan dan penurunan berikutnya dari ledakan dotcom. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999, dan Williams harus memberhentikan seluruh staf perusahaan pada akhir tahun 2000. 

Di Indonesia Blog menjadi populer karena memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari tulisan curahan hati, media publikasi dengan beragam tujuan, sampai dengan program-program media dan perusahaan. Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging), kini menjadi aktivitas yang cukup memikat dengan banyak peminat. Hal ini dibuktikan dengan adanya hari blog nasional, dan sejumlah kegiatan bertajuk blog, seperti komunitas Blog yang beraneka ragam, Blogger Camp Indonesia, sampai ada juga loh penghargaan dunia persilatan Blog, yakni Blog Award dan The Online Inspiring Award. Kalau kalian kenal Raditya Dika, doi merupakan pemenang The Online Inspiring Award pada tahun 2009. 

Mati gaya! Di masa pandemi covid begini, kalau mau beraktivitas suka mati gaya nggak sih? Gimana coba, mau nongkrong merayakan hari jadi blogger bareng Soblog (Sobat Ngeblog) di tahun yang sulit ini. Selalu ada jalan kalau kita mau cari jalan.

Berikut ini, simak deh 5 cara asik rayakan hari blogger nasional di masa pandemi. 

hari blogger indonesia

5 Cara Asik Rayakan Hari Blogger Nasional di Era Pandemi

1. Gabung Komunitas Blog 

Yuhuu, nyatanya biarpun covid masih banyak komunitas yang aktif memanfatkan kecanggihan media sosial yang ada. Kita bisa banget gabung komunitas blogger sesuai minat kita. 

Di Semarang ada komunitas Blogger Perempuan Semarang dengan nama Blogger Gandjel Rel. Nah, pastinya ada banyak sekali komunitas blogger yang bisa kita ikuti, asal kita punya niat buat cari tahu, ya nggak sih? 

2. Ikutan Kelas Blog Online 

Sejak pandemi, bertebaran broadcast info kelas online, mulai dari yang gratisan sampai berbayar. Soblog bisa pilih dong kelas online ngeblog, mau yang newbie atau profesional? Semua ada loh, dan pastinya seru banget ketemu dan kenalan sama orang baru. Macam kelas online Blogspedia Coaching for Newbie yang dikomandoi oleh Coach Marita, seru banget! Apa serunya? Coach Marita super duper profesional mendampingi 45 murid onlinenya, padahal kelasnya gratis loh! Nanti deh Akika ceritakan lagi serunya kelas Blogspedia Coaching for Newbie ini. 

3. Follow Blogger Senior 

Memperingati hari Blogger Nasional, GrowThing mengadakan Marathon Coaching Growthing yang super duper seru. Selain coaching oleh Blogger senior dengan materi super lengkap, bertaburan pula dorprize yang menggiurkan. 

Mengikuti acara semacam ini bisa membawa kita pada pertemuan-perkenalan dengan para guru di dunia Blog. Follow para guru blogger ini tentu akan sangat bermanfaat demi kemajuan nusa dan bangsa, eh, kemajuan kita dalam blogging maksudnya. 

4. Konsisten Berkarya

Rebahan santuy di rumah bakal lebih seru kalau kita maksimalkan gadget yang serba canggih loh. Secara sob, aktivitas ngeblog bisa banget dilakukan dengan cara rebahan. Badan boleh aja rebahan, tapi jemari terus produktif mijetin tombol Hp, mengalirlah cerita, artikel, tips, apapun deh sesuka hati berkarya.

Tinggal tus tus tus pencet-pencet posting di blog. Uwoo, kalau sudah jago bisa banget tuh jadi penulis bayaran dengan omset lumayan. Apalagi kalau tulisan kita bermanfaat dan menginspirasi buat orang lain, betapa bahagaianya. Penting, kita musti mampu memenej biar bisa konsisten ngeblog.

5. Sharing Info Hari Blogger Nasional

Sharing is caring. Share ke media sosial yang kita punya kalau kita adalah blogger yang sedang merayakan hari Blogger Nasional. 


Oke soblog, itu tadi 5 cara rayakan hari blogger nasional di era Pandemi. Semoga pandemi segera berakhir ya. Selamat hari blogger nasional, untuk kita semua para blogger yang terus semangat berkarya. 



septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

2 komentar

  1. Suka baca artikelnya, penulisannya rapi. mudah-mudahan kita terus konsisten ya untuk terus menciptakan konten-konten bermanfaat dan inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih Pak Regen. Semoga bisa istiqomah macam Pak Regen dengan karya yang inspiratif.

      Hapus

Posting Komentar