septiayu

Bakso President Malang: Makan Bakso di Pinggir Rel


bakso president
Pict by: explorewisata.com

Bakso President Malang, heemm, baru mengucap namanya saja sudah makces, air liur tumpah-tumpah membayangkan sruput kuah segar bakso Malang. Eh, btw jatuh hati bener ya sama Malang, setelah kemarin cerita tentang Pantai Malang Selatan yang eksotis, sekarang kulineran di Bakso President Malang yang legendaris. 

Bakso, siapa sih yang tak suka dengan kuliner khas Indonesia yang satu ini? Apa lagi musim hujan begini, dingin-dingin menyantap bakso panas yang dijual keliling oleh Mamang Komplek aja sudah membuat hudup terasa nikmat. Apalagi kalau menyantap Bakso Malang dengan varaian beragam, bakso urat, bakwan, tahu baso, pangsit diguyur kuah panas, segar gurih mantul, mantap betul. 

Malang, yups terkenal dengan kuliner baksonya yang yahud. Bakso Arema atau Bakso Malang bisa ditemui di mana saja, dijajakan oleh pedangang kaki lima sampai resto bintang lima. Bakso Malang banyak dijajakan di kota-kota besar di Indonesia, tentu rasa segar kuah bakso bercampur gurih bakso daging sangat familiar di lidah kita. 

Tapi pernah nggak sob kamu nyobain makan bakso Malang di kota Malang? Kalau belum, recomended banget nih, nanti kalau berkunjung ke Malang, cobain deh Bakso President Malang. 



Baksonya Presiden? 


bakso malang lengkap
Pict by: datawisata.com


Awalnya, saya kira resto bakso ini milik presiden atau pernah dikunjungi oleh Presiden gitu sampai-sampai diberi nama Bakso Presiden. Ternyata, menurut cerita yang saya dapat dari berbagai sumber, bakso President didirikan oleh seseorang yang biasa disapa Abah Sugito. Abah Sugito berjualan bakso sejak tahun 1977. Uwoo, sudah 43 tahun sob, pantas saja bakso President sangat terkenal. 

Mulanya, Abah Sugito berdagang bakso pikul, dijual berkeliling. Kemudian pada tahun 1982, dari hasil jualan bakso pikulnya tersebut Abah Sugito membangun warung bakso sederhana tepat dibelakang Bioskop President Malang. Abah Sugito belum memberi nama warung baksonya, namun karena lokasinya di belakan bioskop President itulah, menjadikan nama President melekat pada nama warung bakso Abah Sugito ini, sampai sekarang. 

Perjalanan Bakso President dari tahun 1977-2020 pastinya sangat panjang ya Sob, kita bisa mengambil pelajaran dari perjalanan suksesnya Abah Sugito sang Pendiri Bakso President. Dari yang awalnya berdagang keliling, hingga sekarang telah terdaftar pada hak merek bakso Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. 

Kini, bakso President tak pernah sepi pengunjung sob! Weekday ramai, apalagi weekend, antrenya mengular panjang! Selain karena lokasi yang unik, bakso President memang memiliki kualitas bakso presiden alias premium sob! Kuahnya khas Bakso Malang yang gurih segar, dengan beraneka ragam pilihan bakso urat, bakso halus, bakso bakar, bakwan, pangsit, dijamin bikin nagih! 

Menu Bakso President 


harga bakso president
Pict by: explorewisata.com

Bakso Malang memang terkanal dengan varian bakso yang beragam, begitu juga dengan Bakso President sangat beragam sob, mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso telur, bakso goreng, bakso udang, bakso bakar, ditambah pangsit goreng atau basah, siomay, jeroan, tahu, lontong, dan mie. Nah sob, khas banget nih kalau makan bakso di Jawa harus ada lontong atau ketupat sob! Biar kenyangnya awet. 

Ohya sob, sebelum pesan, pastikan dulu kita tahu mau pesan menu yang mana sob, biar tak membuat antreean makin lama karena bingung mau pesan apa karena terlalu banyak pilihan bikin makin galau, ecieeh cuma pilih bakso bukan pilih jodoh. 

Semua baksonya enak, tapi kamu harus cobain bakso bakarnya sob! Dijamin bikin nafsu makanmu meningkat! 

bakso bakar president
Pict by: datawisata.com


Makan Bakso di Pinggir Rel! 


bakso president di pinggir rel
Pict by: explorewisata.com


Selain dengan varian bakso yang semuanya enak, gurih, segar, maknyus, Bakso President ini sangat unik Sob, karena berlokasi persis di samping rel kereta api aktif Surabaya-Malang. Nah, untuk mencapai resto Bakso President kita harus menyebarangi rel kereta api terlebih dahulu. Jangan kaget kalau tiba-tiba meja makan bergetar, bukan karena gempa bumi, tapi karena ada kereta yang lewat. 

Bakso President menyediakan ruang terbuka (outdor) dan ruang tertutup (indoor), pembeli bisa memilih menyantap bakso di ruang tertutup, atau ruang terbuka ditemani sepoi-sepoi angin, dan sambil nonton kereta lewat. Kamu lebih suka yang mana sob? Kalau saya sih lebih suka di ruang terbuka, pemandangannya alami, kapan lagi kan bisa menyantap bakso kualitas premium di pinggir rel kereta api! 

Selain karena cita rasanya, keunikan lokasi Bakso President ini banyak diincar pembeli. Faktanya, banyak juga artis ibukota yang sudah mencicipi Bakso President, dibuktikan dengan banyak foto yang terpasang di dinding resto Bakso President. 

Alamat Bakso President 

Malang memang tak ada habisnya buat dieksplore ya sob. Yang hobi ke gunung bisa explore Bromo, Sumeru, yang hobi mantai bisa eksplore Pantai Malang Selatan, yang hobi wisata kebun bisa petik Apel dan wisata kebun lainnya, bisa juga ke Jatim Park, uwoo banyak banget pilihannya kaan. 

Gimana sob, sudah tak sabar mengunjungi Bakso President? Cuss, ini dia alamatnya, catat ya, Bakso President Malang, Alamat di Jalan Batanghari Nomor 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Baisanya Bakso President buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 21.30 WIB. 

Keripik Bakso Special 


keripik bakso president
Pict by: datawisata.com

Sudah jauh-jauh ke Malang ingat oleh-oleh untuk orang tersayang. Tak perlu jauh-jauh membeli oleh-olehnya Sob, Bakso President juga menjual keripik bakso yang cocok dibawa oleh-oleh ke luar kota. Rasa dan kualitas dijamin sob! 

Sungguh paket komplit ya Sob, bisa makan bakso puas pilihan rasa dan selera, makan di tempat unik di pinggir rel kereta, pulang bisa bawa oleh-oleh pula. Buat yang punya rencana liburan ke Malang, wajib coba Bakso President Malang! 



septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

13 komentar

  1. Sumpah ya udah lama banget ga makan bakso ini lagi. Baru sekali ke sana dan memang enaaak. Apalagi bakso bakarnya 😋🤤 suasananya juga asik banget di tepi rel kereta. Uhuy!

    Btw, aku baru tau sejarah dari nama bakso ini. Nice info, kak 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun baru sekali makan bakso president ini Kak, tahun 2017. Dan kenangannya masih melekat terus sampai sekarang.

      Hapus
  2. Waini, nambah lagi pundi-pundi kangen kota Malang. Baksonya itu lho nggak ada yg bisa nandingi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakaaat Buuun, Malang selalu sukses bikin rinduuu

      Hapus
  3. Unik nih makan bakso sambil ngerasa geter geter 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap-harap cemas, tapi otentik kali ini Mbak. Patut dicoba kalau ke Malang. 😁😁

      Hapus
  4. Dulu aku ke sini harus tengok kanan kiri takut ketabrak kereta gitu mba, tapi sensasinya emang beda si walaupun aku bukan pecinta bakso

    BalasHapus
  5. jadi mbak, yang menghadap ke rel keretanya ini pintu masuknya kah ? atau pintu belakangnya ?

    BalasHapus
  6. Uuh harga nya bkin berbinar. Kejangkau banget ka.
    Belum pernah nih ngebaso pinggul rel

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah dah pernah sekali kesini, bermodal cari di google makan bakso Malang yang enak di mana dan dapatlah ini.

    Sedikit kaget lihat tempatnya, tapi puas dengan baksonya

    BalasHapus
  8. Mba, aku baru tau kalau di Jawa makan bakso pake lontong. Kalau di Padang makan baksonya pake mie..

    BalasHapus
  9. Bakso: one of my favorite food. I hope someday can go there, bakso president

    BalasHapus
  10. semoga bisa liburan ke Malang
    seru juga ya makan pinggir rel kereta api

    BalasHapus

Posting Komentar