septiayu

Kontribusi Pemuda Islam

kontribusi pemuda islam
Peran dan kontribusi pemuda mengemban amanah publik, antara realita dan idealita kehidupan. Amanah tidak akan salah memilih pundak, kalimat super klise namun harus diyakini bagi sesiapa yang memikul amanah

Seorang akh yang tulus dituntut untuk:
  1. Perbaikan diri sendiri
  2. Pembentukan keluarga muslim
  3. Bimbingan masyarakat
  4. Pembebasan tanah air
  5. Memperbaiki keadaan pemetintah
  6. Usaha mempersiapkan seluruh aset di dunia untuk kemaslahatan umat
  7. Penegakkan kepemimpinan dunia dengan penyebaran dakwah islam di seantero negeri

Tujuan ikhwan secara rinci berdasarkan penjelasan Hasan Al Banna selaras dengan nash yang berhubungan dengan,

1. Individu

Muslim dengan fisik yang kuat, mulia akhlaknya, berwawasan luas, giat berusaha, selamat akidahnya, benar ibadahnya, pejuang sejati, menang wktunya, tertib usahanya, menjaga waktunya, tertib urusannga, bermanfaat bagi orang lain, dll.

2. Rumah Tangga

Suami istri yang mengetahui dan menjalankan hak dan kewajiban, dan berkomitmen atas hal tsb.

3. Masyarakat

Masyarakat yang berserah diri kepada-Nya.

4. Pemerintah

Menghendaki tegaknya pemerintah islami

5. Daulah Islamiyah

Daulah inti, daulah yang memmin negara.

6. Tegaknya daulah dan Khilafah Islamiyah

Dunia seluruhnya hanya tunduk kepada Allah swt.

Sarana untuk membentuk pribadi muslim:
1. Murabbi yang arif
2. Manhaj
3. Lingkungan yang sehat

Teringat kembali kisah dakwah teladan terdahulu. Ustadzah Yoyoh Yusroh yang begitu lantang berdakwah lewat lembaga kenegaraan. Dengan segala kesibukannya, tetap menghidupkan liqoat-liqoat. Menumbuhsuburkan majelis ilmu. Kenanglah ketika beliau meninggal. Begitu banyak duka, begitu banyak kesedihan. Tapi yang paling penting, begitu banyak semangat yang diwariskan. Bahkan untuk generasi berikutnya yang tak mengenal beliau, hanya dengan membaca buku-buku yang menyajikan kisah beliau, semangatnya turut tertular.

Terkenang, Ustadz Rahmat Abdullah, ustadz yang kalimat-kalimatnya teduh menyejukkan. Tegas tapi ramah, santun namun sigap. Semangatnya tak terkubur bersama dengan jasadnya yang telah tiada. Nama dan gelora kebaikannya terus tumbuh, menyebarkan arti penting membina, menjernihkan jiwa betapa pentingnya dakwah untuk para pelakunya. Harum namanya terkenang hingga hari ini. Terbukti dengan naik layar kisah hidupnya, dan begitu banyak quotes motivasi yang berasal dari beliau, Ustadz Rahmat Abdullah.
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

Posting Komentar