septiayu

Aku Hidup (Lagi)

Semarang, 4 Januari 2018
Hai mimpi, susah payah aku menemukanmu kembali.
Berjanjilah untuk tak khianati aku lagi.
Khianati? Bukankah aku sendiri yang lalai? Ah, kau selalu benar.
***
Masih lanjutin kisah yag sebelumnya...
Di hari ke tiga pemulihan jati diri yang alaiy lebaiy, gue menyempatkan diri main ke super*ndo. Cuci mata dong (etdah... padahal beli obat nyamuk, biar punya temen ngobrol, “Obat nyamuk, gue ngerti perasaan lu jadi obat nyamuk. Gini amat yak. Tapi beneran gue beli obat nyamuk J). Gue udah bisa senyum sumringah dong. Bukan karena gue udah nggak disorientasi lagi sama masa depan, tapi karena gue nemu sesuatu yang bikin gue jadi fight lagi.
Picture by: etsy.com
Malas-malasan gue buka lepi kesayangan, pas lagi buka yutup diurutan teratas nongol tuh video Raef terbaru. Iseng-iseng gue buka. End then, Raef baru ngecover lagu “Fight Song”. Jleeeeppp, liriknya ngejlep banget, nyengat tulang rusukku yang lagi melengkung. Langsung deh gue cari-cari versi penyanyi aslinya, plus video clipnya, plus coveran dari seluruh penjuru alam semesta (gitu kalau gue dah kepo. Remahan peyek di kaleng kong ghuan segede drum minyak tanah raksasa pun bakal gue ulik-ulik).
Taraaa... gue nangis dengerin lagu ntuh... terlalu menghayati liriknya kali ya... Gue lihat tuh si Calysia Bevier yang dapet Golden Buzzer di America Got Talent, tahu dia nyanyi apa? Yups, Fight Song. Dia udah nyanyi ntu lagi di berbagai event buat ngasih semangat orang-orang penderita Kanker. Yups, Mbak Caly penderita Kanker Ovarium. Gue antara semangat sekaligus lemes. Semangat karena begitu banyak orang yang berjunag buat hidupnya. Gue? Ngapain aja gue? Malu gue di usia gue hari ini belum juga gue dewasa ngadepin hidup. Malu gue sama Mbak Caly yang baru berumur 16 tahun. Ohalah, dipanggil dek aja kalau gitu ya.. hiks.
Gue musti berterima kasih buanyak sama mbak Rachel Platten yang udah bikin ini lagu.. aseli, meleleh segala bentuk batu yang mengelilingi kepala gue. Rontok karat yang membandel di hati gue. Pantes aja ya, orang suka dengerin lagu. Kalau elu ketemu sama lagu yang tepat, yang menerut elu itu elu banget, pasti ntu lagu bakal jadi lagu favorit elu. Bener gak?
Dari sini gue ngerasa gue hidup lagi (emang kemarin mati? Macam pilem hantu bangkit dari kubur aja). Gue udah mati gaya, disorientasi masa depan, nggak ngerti arah tujuan hidup. Dan Sang Penunjuk Arah selalu punya kuasa buat ngarahin gue. ngasih petunjuk buat balik lagi ke jalan yang bener. Gue ngerasa gue dah waras lagi sekarang.
Dari pada itu, dalam diam gue merenung. Yak, ini baru lagu. Syair-syair yang dibikin sama manusia. Sudahkah elu baca kalam suci yang dikirim sama yang Ciptain manusia? Ooooh... gue rengkuh lagi kalam Illahi. Gue buka lagi surat favorit gue di kala gundah. Surat Yusuf. Gue nggak berharap jodoh gue seganteng nabi Yusuf kok, gue cukup sadar diri gue nggak secantik Zulaikhah (hellooo... kenapa jadi nglantur jodoh?).
Belajarlah dari kisah Yusuf, gitu kata Ustadz-ustadz di Yutup. Gue ulang-lang terus tu baca terjemahan Qur’an surah Yusuf. Betapa nabi Yusuf tu udah keren dari lahir. Robbi... Allah itu selalu paling tahu. Paling ngerti yang kita mau. Cuman, kita aja yang suka sok tahu.
 ***
Note: Betewe cocok nggak sih pakai kata ganti Lu-Gue? (Elu nanya ke siapa Sep? Nggak ada pun yang baca tulisan elu. Wkwkwk. Gakpapa, gue yakin malaikat pencatat amal ikut baca apa yang gue ketik. Hehehe) 
septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

Posting Komentar