septiayu

Serunya Beli dan Pasang Custom Domain


membeli dan memasang custom domain


Beli dan pasang custom domain sendiri? Emang bisa? 

Pertanyaan itu menancap pada sanubari terdalam, menjebak segala harapan pada keraguan atas kemampuan diri, bujuug, apaan siih? Oke Sob, perkara beli dan pasang domain impian ini bisa jadi cerita yang ajaib buat Akika. Secara Sob, punya domain .com tanpa embel-embel blogspot, sudah jadi mimpi ribuan purnama yang baru bisa terjamah. 

Kenapa nggak dari dulu custom domain? Kalau kata orang Betawi, "kagak ngerti caranya tong!" Belajarnya pelan banget sih, jadi lambat naik levelnya. Big thanks tentu buat Coach super keren kebanggaan blogger cupuers, Coach Marita yang sudah mencurahkan, membagikan, mentransfer segenap ilmu per-blog-an ini ke blogger cupu macam Akika, sehingga bisa beli dan pasang custom domain sendiri. Sungguh prestasi yang membanggakan luar dari pada biasa, le to the bay, lebay. 

Teruus gimana caranya beli dan pasang custom domain? 

Kenalan sama TLD 


Sob, kenan dulu gih sama TLD. What? Apa itu TLD? Sempat cengar-cengir dong sewaktu grup Blogspedia Coaching berisik bahas mau beli domain dan menyebut-nyebut TLD. Entah karena pelupanya kelewatan, Akika tak ingat dong apa itu kepanjangan TLD-semoga coach Marita nggak baca bagian ini, bisa-bisa nilai Akika semakin terjun bebas, huaaa. Baiklah, setelah menimbang-menakar-membaca keadaan, dari pada nanya malah bikin malu, mending seraching aja dong, buka-buka lagi catatan materi yang pernah disampaikan Coach, biar malunya disimpan sendiri, wkwkwk. Dan, ternyata, jengjeeng, Coach Marita sudah pernah menjelaskan tentang TLD dong, #plaak.

Yups, TLD adalah singkatan dari Top Level Domain. Top level domain merupakan bagian akhir dari nama domain. Sebagai pengguna setia blogspot, kita tentu punya impian punya domain kece, tanpa embel-embel blogspot, seperti saya yang bermimpi punya domain dot com ( .com), www.septiayuazizah.com, keren sekali, hahai, norak ya. 

Kenapa dot com? Top level domain dot com menunjukkan bahwa situs yang dimiliki merupakan situs komersial. Eits, tunggu dulu, top level domain itu ternyata banyak sekali macamnya dengan fungsi yang juga berbeda sob! Beberapa macam top level domain:

  • .com (untuk situs komersial) 
  • .net (untuk network atau jaringan) 
  • .org (untuk organisasi) 
  • .info (untuk platform informasi) 
  • .name (untuk individual) 
  • .biz (untuk bisnis) 
  • .xyz (untuk umum) 

Itu baru sebagian saja macam-macam TLD, aslinya masih banyak lainnya sob. Top level domain apa yang kita inginkan? Tentu disesuaikan dengan tujuan dan fungsi blog kita ya sob!

Cara Beli dan Pasang Custom Domain 


domain rumahweb


11.11 kemrin belanja apa Sob? Fuih, tentu menggiurkan dong diskon 11.11 yang ditawarkan tiap platform belanja. Paling menggiurkan buat sobat ngeblog yang memimpikan TLD, ya apa lagi kalau bukan beli custom domain dengan harga murah. 

Ramai dong seluruh murid Coach Marita berburu diskon 11.11 di Rumahweb yang menyediakan beberapa pilihan diskon domain, salah satunya pembelian domain seharga Rp. 99.000 untuk satu tahun. Sembilan puluh sembilan ribu rupiah beli di web yang terpercaya macam Rumahweb tuh sudah termasuk murah loh Sob, tentunya bukan murahan. Sebenarnya ada juga platform yang menjual lebih murah dari Rumahweb, tapi, harus hati-hati Sob. Kalau kita asal beli murah tanpa memperhatikan legalitas dan penyedia domain yang amanah, alih-alih pingin makin kece, malah bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di blog kita, wadidaw harus musti kudu hati-hati ya Sob, jangan asal murah! 

Dibalik cerita beli domain ini, sekaligus jadi momen pertama kalinya saya ikutan promo, yang benar-benar memantau betul web Rumahweb sambil ikutan hitung mundur. Khawatir tak kebagian Sob, secara Rumahweb hanya menyediakan 75 kuota untuk domain seharga 99.000, nahlo kalah cepat sama yang lain bisa kehabisan. Jadilah saya ikutan memantau dengan penuh harap di Rumah Web. 

Jadi, bagaimana cara beli domain di Rumah Web? 

custom domain murah


Beli Custom Domain di Rumahweb


Ikuti langkah-langkah berikut ini yaa Sob: 

  1. Pertama yang harus dilakukan, jelas kita harus masuk ke halaman utama Rumahweb, kemudian pilih login. 
  2. Setelah login kita akan masuk ke halaman Client Zone, kita klik register dan isi formnya Sob. 
  3. Setelah registrasi, kita masuk ke Client Area, pilih register a new domain, cus masukkan domain yang diinginkan Sob. Memasukkan domain ini dua kali ya Sob, setelah sekali memasukkan domain, kita akan diminta masukkan domain untuk yang kedua kali, klik search deh dan akan muncul pilihan domain, kita bisa memilih domain yang diinginkan sob, ada .com, .my.id, .id, .net, masih banyak lainnya pilih sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kantong ya Sob. 
  4. Setelah memilih domain dan klik tombol daftar, akan muncul beberapa promo seperti mau membeli privacy protection and managed contact atau tidak, mau beli hosting atau tidak, kalau saya sih pilih tidak sob. Belum butuh-butuh amat, malah belum tahu benar fungsi dan penggunaannya, hehe. Pokoknya kalau ada macam-macam promo pilih beli domain saja. 
  5. Kemudian muncul metode pembayaran, kita bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan yang kita inginkan Sob, virtual account dengan beberapa pilihan Bank, OVO, Gopay, Indomart, Alfamart, dll. 
  6. Domain siap dibayar, klik check out deh. 

custom domain rumahweb



Pasang Custom Domain 


Asiiik, domain sudah dibayar, happy? Uuww, kalau saya baru bisa beli domain saja senangnya warbiyasah. Eits, senang boleh tapi ingat setelah kita beli, bukan berarti domain kita otomatis terpasang ya Sob. Masih ada langkah-langkah yang harus kita lakukan agar domain terpasang sempurna sesuai mimpi kita.

Memasang custom domain ini saya kira akan ribet dan sulit, setelah mencoba dengan panduan artikel coach marita yang berjudul Tutorial Membeli dan Memasang Custom Domain dari Rumahweb ternyata tak sesulit yang dibayangkan sob!

Cus, kalian tinggal klik dan ikuti langkah-langkah yang ada di artikel tersebut. Dijamin deh dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel tersebut, kalian bisa pasang sendiri domain impian, anti gagal anti ribet. 

Oh ya, pada saat pemasangan domain sabar dan teliti menjadi kunci sob. Kemarin saja saya butuh tiga kali uji coba pasang sampai akhirnya berhasil. Kenapa tiga kali? Dua kali gagal sob, efek kurang teliti, ketlingsut satu huruf saja, bikin ambyar dan domain gagal terpasang. 

Tipsnya, gunakan tutorial cara memasang TLD, lalu klik link email IMPORTANT yang ada di email kita setelah kita bayar domain, plus tab blog kita juga dibuka sob. Ikuti langkah yang ada di tutorial tersebut satu per satu, dengan teliti dan sabar, ingat ya teliti dan sabar! Dengan izin Allah, custom domain akan terpasang. Yeay, semua itu merupakan buah dari kesabaran plus ketelitian kita ya Sob.

Nah, custom domain sudah terpasang? Semoga kita bisa terus bermanfaat ya Sob! Apalagi domain kita sudah naik level, Top Level Domain. Harus makin rajin update artikel dan karya-karya yang bermanfaat. Oke, cukup ya sob, semoga membantu kamu yang mau beli dan pasang custom domain. Selamat mencoba!

septi ayu azizah
Septi Ayu Azizah penyuka literasi, volunteer dan pendidikan. Penikmat jalan-jajan ini, lahir di Banjarnegara, ber-KTP Jakarta, tinggal di Depok. Menulis bagi Septi adalah mencurahkan asa agar bermanfaat tentunya. Aktivitas Septi sebagai guru, pegiat literasi sekolah, dan tentunya menjadi istri penuh waktu.

Related Posts

18 komentar

  1. Memasang custom domain bagi blogger pemula macam aku ini cukup menantang. Samangat berkarya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap-harap cemas ya mbak, dan berakhir bahagia. Yups, tetap semangat berkarya!

      Hapus
  2. Aku juga dari dulu ingin custom domain dan baru terwujud setelah mengikuti kelas Blogspedia bersama mba marita. Semoga setelah memasang TLD kita makin rajin ngeblog nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul... Harus lebih rajin ya mbak, sayang-sayang blognya, jangan sampai bersawang. hihi

      Hapus
  3. Semangat nulis ya. Domainnya sudah pro nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap Bun, semoga kita terus semangat berkarya ya Bun.

      Hapus
  4. Yang buat ribet tuh karena harus bolak balik ke setting dns sama dashboard blog, tapi asal fokus pasti bisa😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul, harus jeli, dan kaum teledor macam saya ini dituntut untuk jeli berkali-kali lipat. hehehe

      Hapus
  5. Baarakallah atas kelahiran domain barunya, Mbak... Semoga makin bersemangat nge-blog-nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Btw mbak, ajarin aku bahasa Inggris doong.. hihihi

      Hapus
  6. Aku dari dulu takut pasang TLD karena pikirku tulisannya bakal ilang kalau gak diperpanjang hehe

    BalasHapus
  7. maa syaa Allah sampai riset domainnya itu untuk apa aja, aku baru tau kalau xyz ada fungsinya juga /plak xDD baarakallah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, ndak lengkap malah itu mbak.. cuma cantumin sebagian, kwokwok

      Hapus
  8. Semoga kita makin rajin update konten Blog wehehehe !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, semangatnya nggak boleh mlempem, Se to the ma to the ngat!!

      Hapus
  9. Xixixi... Iyah bener, ga boleh ketlingsut 1 huruf pun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambayar sudah kalau ketlingsut. hahahahai, semangat terus ya mbak!

      Hapus

Posting Komentar